Terang Kecil

Apalah Arti Sebuah Nama

Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Lukas 1:31.

Apalah arti sebuah nama

 

Pada waktu satu keluarga menantikan seorang bayi yang akan lahir, biasanya mereka telah mempersiapkan nama untuk diberikan kepada bayi yang akan lahir tersebut. Menurut kebiasaan orang timur, nama itu bisa di ambil dari nama para leluhur mereka, atau berdasarkan hari, bulan, tahun, bahkan peristiwa yang terjadi menjelang kelahiran bayi tersebut. Dan nama yang di berikan memiliki arti tertentu yang berhubungan dengan masa depan yang akan di jalani oleh anak tersebut, yang menjadi harapan bagi keluarga dimasa yang akan datang.

Jadi nama anak tersebut menjadi gambaran dari harapan orang tua. kelak anak itu akan membawa keharuman nama keluarga, dengan kesuksesan yang akan di capai olehnya dimasa yang akan datang. Itulah gambaran dari pemberian nama kepada seorang bayi. Dan nama yang disandang juga dapat merefleksikan tentang tabiat atau karakter dari yang memilikinya.

Ada satu nama yang disampaikan oleh seorang yang tidak biasa kepada Ibunya, dan nama itu menjadi luarbiasa, khusus bagi orang - orang dari zaman ke zaman. Nama tersebut adalah ”Yesus.” Disampaikan oleh seorang yang tidak biasa, yang tidak lain adalah malaikat yang menyerupai manusia. Dan menjadi luarbiasa karena “ Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan." (Lukas 1:32 – 33.)

Sebagai seorang wanita yang disampaikan kabar tersebut tentu membahagiakan, akan tetapi aneh bagi seorang gadis perawan, tetapi Ia diyakinkan oleh malaikat tersebut bahwa “ mustahil bagi manusia tetapi bagi Allah tidak .“ (Lukas 1:37) Gambaran masa depan dari bayi yang akan dilahirkan tersebut sangat jelas di sampaikan oleh malaikat, hal tersebut merupakan kabar yang membahagiakan bagi calon ibu tersebut. Ia akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi, meiliki tahta Daud, dan Raja selama-lamanya. Itulah gambaran nama “ Yesus “ di masa akan datang.

Pada saat anak itu lahir, menurut kebiasaan orang Yahudi, delapan hari kemudian anak itu harus di sunat, dan setelah empat puluh hari kemudian setelah lewat masa pentahiran, maka anak itu di bawah ke Kaabah, untuk di kuduskan bagi Tuhan sebagai anak sulung. Kejadian luarbiasa berikutnya terjadi, disaat mereka bertemu dengan Simeon di Kaabah. Alkitab mencatat bahwa Simeon adalah orang benar dan saleh.

Simeon membuat suatu nubuatan perihal Bayi Yesus, apa yang akan terjadi dengan Bayi ini dimasa yang akan datang adalah "Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri--,supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang." Lukas 2: 34 – 35. inilah nubuatan Yesus yang dapat di pahami oleh Ibu-Nya, saat Dia Digantung di kayu salib.

Nama Yesus adalah suatu tanda yang menimbulkan perbatahan, bukan hanya itu saja bahkan nama yang dianggap remeh, di cemoh, di olok-olok, nama yang menjadi candaan, di pakai bahan lelucon, di hujat, di nista, bahkan sumpah serapah …… itulah bayi yang di nubuatkan Simeon. Tetapi nama Yesus adalah nama bukan sembarang nama Dalam Matius fasal pertama ayat dua puluh satu meng-artikan nama Yesus “ Dialah yang akan menyelamtakan umat-Nya dari dosa mereka,

Hanya nama itulah di bawah kolong langit ini yang dapat menyelamatkan manusia dari dosa mereka, tidak ada nama lain yang memberikan jaminan akan keselamatan selain Yesus Kristus, Mesias, atau Isa Almasih. “ Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan “ Kisah Para Rasul 4:12. …….. Maha Pengasih, Penyayang, dan pengampun, sesuai dengan misi-Nya datang ke dunia ini.

Posted in Lentera Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *